Analisis SWOT dan 6M

Minggu, 15 Oktober 2017

Analisis SWOT dan 6M


Analisis SWOT
Analisis SWOT adalah suatu bentuk analisis di dalam manajemen perusahaan atau di dalam organisasi yang secara sistematis dapat membantu dalam usaha penyusunan suatu rencana yang matang untuk mencapai tujuan, baik itu tujuan jangka pendek maupun tujuan jangka panjang.
Penjelasan lain Analisi SWOT
Definisi analisis SWOT yang lainnya yaitu sebuah bentuk analisa situasi dan juga kondisi yang bersifat deskriptif (memberi suatu gambaran). Analisa ini menempatkan situasi dan juga kondisi sebagai sebagai faktor masukan, lalu kemudian dikelompokkan menurut kontribusinya masing-masing. Satu hal yang perlu diingat baik-baik oleh para pengguna analisa ini, bahwa analisa SWOT ini semata-mata sebagai suatu sebuah analisa yang ditujukan untuk menggambarkan situasi yang sedang dihadapi, dan bukan sebuah alat analisa ajaib yang mampu memberikan jalan keluar yang bagi permasalahan yang sedang dihadapi.
SWOT adalah singkatan dari:
  • S = Strength (kekuatan).
  • W = Weaknesses (kelemahan).
  • O = Opportunities (Peluang).
  • T = Threats (hambatan).

A. Strength (S)
Yaitu analisis kekuatan, situasi ataupun kondisi yang merupakan kekuatan dari suatu organisasi atau perusahaan pada saat ini.  Yang perlu di lakukan di dalam analisis ini adalah setiap perusahaan atau organisasi perlu menilai kekuatan-kekuatan dan kelemahan di bandingkan dengan para pesaingnya. Misalnya jika kekuatan perusahaan tersebut unggul di dalam teknologinya, maka keunggulan itu dapat di manfaatkan untuk mengisi segmen pasar yang membutuhkan tingkat teknologi dan juga kualitas yang lebih maju.

B. Weaknesses (W)
Yaitu analisi kelemahan, situasi ataupun kondisi yang merupakan kelemahan dari suatu organisasi atau perusahaan pada saat ini. Merupakan cara menganalisis kelemahan di dalam sebuah perusahaan ataupun organisasi yang menjadi kendala yang serius dalam kemajuan suatu perusahaan atau organisasi.

C. Opportunity (O)
Yaitu analisis peluang, situasi atau kondisi yang merupakan peluang diluar suatu organisasi atau perusahaan dan memberikan peluang berkembang bagi organisasi dimasa depan. Cara ini adalah untuk mencari peluang ataupun terobosan yang memungkinkan suatu perusahaan ataupun organisasi bisa berkembang di masa yang akan depan atau masa yang akan datang.
D. Threats (T)
Yaitu analisis ancaman, cara menganalisis tantangan atau ancaman yang harus dihadapi oleh suatu perusahaan ataupun organisasi untuk menghadapi berbagai macam faktor lingkungan yang tidak menguntungkan pada suatu perusahaan atau organisasi yang menyebabkan kemunduran. Jika tidak segera di atasi, ancaman tersebut akan menjadi penghalang bagi suatu usaha yang bersangkutan baik di masa sekarang maupun masa yang akan datang.

Manfaat analisis SWOT
Metode analisis SWOT bisa dianggap sebagai metode analisis yangg paling dasar, yang bermanfaat untuk melihat suatu topik ataupun suatu permasalahan dari 4 empat sisi yang berbeda. Hasil dari analisa biasanya berupa arahan ataupun rekomendasi untuk mempertahankan kekuatan dan untuk menambah keuntungan dari segi peluang yang ada, sambil mengurangi kekurangan dan juga menghindari ancaman. Jika digunakan dengan benar, analisis ini akan membantu untuk melihat sisi-sisi yang terlupakan atau tidak terlihat selama ini. Dari pembahasan diatas tadi, analisis SWOT merupakan instrumen yang bermanfaat dalam melakukan analisis strategi. Analisis ini berperan sebagai alat untuk meminimalisasi kelemahan yang terdapat dalam suatu perusahaan atau organisasi serta menekan dampak ancaman yang timbul dan harus dihadapi.


6M (ENAM M)
dalam kehidupan sehari-hari kita sering memikirkan atau berencana memiliki sebuah usaha, atau singkatnya ingin menjadi wirausaha. kalau dilingkungan kampus setiap mahasiswa/i pasti tidak asing lagi dengan mata-kuliah KEWIRAUSAHAAN. Bahkan kabarnya mata-kuliah ini akan diwajibkan kepada kepada semua jurusan disetiap perguruan tinggi diseluruh indonesia. Hal ini mengingat ketatnya persaingan di pasar kerja pada masa sekarang ini. oleh kerena itu dengan menempuh mata-kuliah ini mahasiswa/i mampu berkreativitas menciptakan usaha sendiri dan tidak tergantung pada pasar kerja.

Terkait dengan hal tersebut diatas tentunya kita harus belajar banyak tentang cara menjalankan suatu usaha. Dalam Mata-kuliah Manajemen Sumberdaya Manusia, dosen saya menerangkan bahwa untuk mendirikan suatu usaha atau pun juga organisasi kita harus memiliki 6M.
6M yang dimaksud adalah:

1.       Man (Manusia/Orang)
Manusia atau orang disini adalah yang bertugas untuk menjalankan suatu kegiatan usaha.
2.       Money (Uang/Modal)
seperti yang kita ketahui modal adalah unsur yang sangat penting untuk menjalankan suatu usaha. tampa modal kita tidak bisa apa. banyak orang yang memiliki ide usaha tetapi terkendala dengan modal.
3.       Meterial (Bahan Baku)
Bahan Baku adalah bahan-bahan yang akan kita proses untuk menjadi satu produk yang akan kita tawarkan.
4.       Machine (Mesin)
Mesin adalah faktor yang menentukan efektifitas dan maksimalitas suatau usaha dalam hal produksi.
5.       Method (Metode/Cara)
Cara yang dimaksud adalah Cara menjalankan Produksi,Cara Pemasaran,Cara Pengorganisasian,dll.
6.       Market (Pasar)

Pasar adalah yang menentukan kelansungan suatu usaha. pada prinsifnya produk yang kita hasilkan harus lah merupakan produk yang memiliki daya saing. Persaingan bisa dari segi kualitas,harga,pengemasan,dll.


Daffa Risky Pratama
XI MIA 7

0 komentar :

Posting Komentar